Graphenes Studios

Hasil Borussia Dortmund vs Chelsea Skor 1-0

Dortmund vs Chelsea

Gelandang Borussia Dortmund, Salih Ozcan mengejar penyerang Chelsea, Joao Felix pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2022/2023, Kamis (16/2/2023) WIB. (c) Chelsea Official

Bola.net – Borussia Dortmund tidak menyia-nyiakan kesempatan bermain di kandang pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2022/2023. Dortmund sukses menang tipis atas Chelsea 1-0 di Signal Iduna Park, Kamis (16/2/2023) WIB.

Pencetak gol tunggal di laga ini adalah Karim Adeyemi. Ia melakukan akselerasi di menit ke-63, melewati Enzo Fernandez dan Kepa Arrizabalaga, sebelum mencetak gol ke gawang kosong.

Chelsea punya sederet peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Akan tetapi, penampilan gemilang kiper Kobel di bawah mistar Dortmund dan buruknya koordinasi serangan Chelsea di depan gawang menyebabkan The Blues gagal mencetak gol tandang.

Dengan begini, Dortmund hanya perlu mengincar hasil seri untuk bisa lolos ke babak perempat final. Sebaliknya, Chelsea punya tugas berat di kandang supaya tidak tersingkir di depan pendukung sendiri.

 

Dortmund vs Chelsea

Babak Pertama

45 menit pertama didominasi sedikit oleh Dortmund. Walaupun begitu, Dortmund dan Chelsea bisa saling melancarkan serangan ke pertahanan lawan yang terbuka.

Chelsea sempat berhasil menyarangkan bola di menit ke-15. Gol tersebut seketika dianulir karena Thiago Silva menggunakan tangannya dengan sengaja untuk memasukkan bola. Kartu kuning dikeluarkan wasit kepada Thiago.

Di samping ketidakberdayaan Chelsea mengatasi penguasaan bola Dortmund yang mencapai 60 persen, The Blues tetap bisa mengancam. Joao Felix yang jadi pembedanya.

Felix nyaris membuka skor di menit ke-31. Dirinya tanpa kawalan untuk mengeksekusi umpan tarik dari Hakim Ziyech. Saat menendang, kontaknya dengan bola tidak tepat sehingga bola melambung jauh.

Peluang yang lebih emas diperoleh di menit ke-38. Felix melewati dua pemain Dortmund, sampai berada dalam situasi satu lawan satu dengan kiper. Kali ini tendangannya kurang sedikit ke bawah karena hanya membentur mistar.

Dortmund yang punya 11 tembakan ke gawang Chelsea juga punya sejumlah peluang emas. Salah satunya datang di menit ke-42. Marius Wolf datang dari lini kedua untuk menerima umpan, lalu langsung menembaknya dari luar kotak penalti. Tendangannya masih menyamping.

Babak Kedua

Cara bermain yang sama ditampilkan kedua tim. Mereka menyerang cepat ke pertahanan lawan yang terbuka karena komitmennya terhadap serangan.

Hal ini yang memaksa gelandang Borussia Dortmund, Emre Can menghentikan serangan Chelsea dengan paksa. Chelsea mendapat tendangan bebas di menit ke-54 hanya beberapa meter dari luar kotak penalti.

Reece James kemudian mengeksekusi tendangan bebas itu langsung. Arahnya sudah tepat, kekuatannya juga sudah pas, tetapi kiper Kobel berhasil terbang menyelamatkannya.

Serangan balik mematikan yang duluan berbuah hasil adalah milik Dortmund. Berawal dari sepak pojok Chelsea, Dortmund menghentak tim tamu lewat gol yang tercipta di menit ke-63.

Karim Adeyemi yang membawa bola dari serangan balik itu, mampu memenangkan duel kecepatan melawan Enzo Fernandez. Ia bahkan sempat melewati kiper Kepa sebelum menceploskan gol ke gawang Chelsea.

Chelsea nyaris mencetak gol di menit ke-77 andaikan tendangan Kalidou Koulibaly tidak ditepis oleh kiper Kobel. Bola yang masih bergulir ke dalam gawang, berhasil disapu dengan tepat waktu oleh Emre Can.

Susunan Pemain

Borussia Dortmund (4-1-4-1): Gregor Kobel; Marius Wolf (Julian Ryerson 73′), Niklas Sule, Nico Schlotterbeck, Raphael Guerreiro; Emre Can; Julian Brandt, Jude Bellingham, Salih Ozcan, Karim Adeyemi (Jamie Bynoe-Gittens 79′); Sebastien Haller (Anthony Modeste 68′).
Pelatih: Edin Terzic

Chelsea (4-2-3-1): Kepa Arrizabalaga; Reece James, Thiago Silva, Kalidou Koulibaly, Ben Chilwell (Marc Cucurella 71′); Ruben Loftus-Cheek, Enzo Fernandez; Hakim Ziyech, Joao Felix, Mykhailo Mudryk (Mason Mount 71′); Kai Havertz.
Pelatih: Graham Potter

Hasil dan Jadwal Liga Champions 2022/2023

Leg Pertama Babak 16 Besar

Rabu, 15 Februari 2023

03.00 | PSG 0-1 Bayern Munchen
03.00 | AC Milan 1-0 Tottenham

Kamis, 16 Februari 2023

03.00 WIB | Club Brugge 0-2 Benfica
03.00 WIB | Borussia Dortmund 1-0 Chelsea

Rabu, 22 Februari 2023

03.00 WIB | Liverpool vs Real Madrid
03.00 WIB | Eintracht Frankfurt vs Napoli

Kamis, 23 Februari 2023

03.00 WIB | RB Leipzig vs Man City
03.00 WIB | Inter Milan vs Porto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *